Akreditasi dan Indeksasi Internasional Jurnal Bhumi

Akreditasi Sinta 3

Jurnal Bhumi sebagai jurnal ilmiah di lingkungan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional mendapatkan akreditasi dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti).

Acara serah terima sertifikat akreditasi berlangsung tanggal 3 November 2018  di gedung Indonesia Exhibition Center, Tangerang Banten. Penyerahan sertifikat diberikan oleh Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Ristekdikti kepada Redaktur Pelaksana Jurnal Bhumi.

Dalam waktu singkat sejak Jurnal Bhumi dikelola menggunakan sistem jurnal terbuka (Open Journal System) mulai Volume 1 Nomor 1 Tahun 2015, Jurnal Bhumi menyiapkan diri untuk menjadi jurnal dengan manajemen dan kualitas yang terstandardisasi secara nasional.

Terhitung mulai tanggal 2 September 2018, Jurnal Bhumi mengajukan akreditasi melalui sistem Arjuna (Akreditasi Jurnal Nasional) yang dinaungi oleh Kementerian Ristekdikti. Kurang dari satu bulan, pengumuman akreditasi tersebut sudah keluar dan Jurnal Bhumi dinyatakan terakreditasi dengan peringkat Sinta 3 untuk masa akreditasi lima tahun terhitung mulai Volume 2 Nomor 2 Tahun 2016 hingga Volume 7 Nomor 1 Tahun 2021.

 

Indeksasi internasional

Selain itu Jurnal Bhumi juga telah terindeks di lembaga indeksasi internasional DOAJ (Directory of Open Access Journals), pada tanggal 12 Oktober 2018. Hal ini menggenapi indeksasi sebelumnya oleh Crossref, Google Scholar, dan Dimension.

Untuk mengetahui lebih lanjut Jurnal Bhumi, dapat dikunjungi website berikut: http://jurnalbhumi.stpn.ac.id/index.php/JB

 

Leave a Reply