Diskusi Bulanan : Inovasi Layanan Pertanahan

STPN merupakan perguruan tinggi dibawah Kementerian Lain yang bersifat vokasional, sehingga pengembangan ilmu dan teknologi terapan harus selalu ditingkatkan. Layanan pertanahan yang diemban oleh Kementrian ATR/BPN terus menjadi perhatian, oleh karena pertanahan menjadi sektor yang sangat strategis untuk mendukung kelangsungan pembangunan nasional. Tugas yang semakin menantang, untuk dapat menyelenggarakan administrasi pertanahan secara nasional memerlukan inovasi-inovasi yang mendukung percepatan pelayanan dengan tetap menjaga kualitas. Semangat melayani dan senang memudahkan yang menjadi slogan dalam pelaksnaan pelayanan pertanahan memerlukan dukungan teknologi dan terobosan dalam berbagai hal. STPN sebagai lembaga pendidikan tinggi yang bertugas menyediakan sumberdaya manusia yang kapable melaksanakan tugas pelayanan pertanahan dengan cepat dan berkualitas berupaya membangun ghiroh untuk terus berinovasi secara profesional dengan menghadirkan Deni Santo, S.T, M.Sc, Kepala Kantor Kabupaten Pemalang.  Deni Santo memaparkan berbagai inovasi yang telah diilakukan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Malang, diantaranya adalah INTAN BERKILAU, Inovasi Pertanahan Berikan Ketersediaan Informasi Layanan Umum. INTAN BERKILAU dikembangkan dari layanan sms center yang terus dilengkapi dengan berbagai aplikasi pelayanan seperti Aplikasi WebGIS berupa Sistem Informasi Nilai Tanah dan Tematik Pertanahan. Pada tahun 2014 pengembangan Intan Berkilau diubah dari layanan yang tadinya bersifat pasif menunggu reques dari masyarakat menjadi pro aktif . Aplikasi WebGIS dikembangkan menjadi Aplikasi Cekplot, Aplikasi Nilai Tanah, Aplikasi Peta Tematik, Aplikasi PTP, Aplikasi Kesesuaan Tata Ruang, dan Aplikasi Peta Kerja. Keterpaduan aplikasi-aplikasi yang terintegrasi untuk melengkapi KKP Web dan GeoKKP yang digunakan secara nasional terbukti dapat mempercepat kinerja pelayanan pertanahan. Di antaranya adalah layanan pengaduan direspon oleh admin dalam waktu 1 menit, layanan cekplot yang SOPnya 1 hari menjadi 1 jam, informasi nilai tanah dilayani dalam 1 jam, layanan tematik dari 7 hari, atau 5hari lebih cepat dari SOP, dan PTP dari 14 hari menjadi 5 hari. Pada forum diskusi ini partisipan terdiri dari utusan Kanwil Kementrian ATR/BPN D.I. Yogyakarta, Jawa Tengah, Seksi Pengukuran dan Pemetaan se DIY dan sekitarnya, serta taruna STPN tingkat III dan IV. Deni Santo mengharapkan seluruh Taruna dapat terinspirasi menjadi inovator untuk menjawab kebutuhan layanan pertanahan yang cepat dan akurat. Pada forum ini terlontar pula harapan dari beberapa utusan Kantor Pertanahan agar aplikasi-aplikasi yang sudah membawa Kantor Pertanahann KAbupaten Pemalang mendapatkan beberapa penghargaan tingkat nasional dan bahka sedang diinisiasi untuk dinilai di tingkat internasional ini dapat diadopsi dan terintegrasi pada Aplikasi KKPWeb yang dikembangkan Pusdatin Kementrian ATR?BPN sehingga dapat digunakan secara luas.

 

 

 

Leave a Reply