Diskusi Hasil Penelitian Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Dalam Penguatan Konsep Pelaksanaan Retribusi Tanah, IP4T, Dan Reforma Agraria Bersama Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulawesi Tengah

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional telah melaksanakan kegiatan Diskusi Hasil Penelitian Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional dalam Penguatan Konsep Pelaksanaan Retribusi Tanah,  IP4T, Dan Reforma Agraria bersama Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulawesi Tengah.  Kegiatan ini dilaksanakan pada hari  Jumat, 27 Desember 2019 bertempat di Aula Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional.  Kegiatan ini dihadiri oleh  Ketua STPN, Pembantu Ketua STPN,  Kabag Adum, Bapak/Ibu Dosen STPN,  Kanwil BPN Provinsi Sulawesi Tengah beserta jajaranya.

Dr.Ir.Dani Janarto Widayntoro M.Eng.Sc. menyampaikan sambutan dan pengantar sekilas Profil tentang kondisi Sulawesi Tengah dan menyampaikan masalah pertanahan yang terjadi di Sulawesi Tengah ini termasuk masuk Tanah Ulayat. M.Nazir Salim, S.S., M.A menyampaikan Problem dan Tantangan PPTKH :

  1. Efektifitas Regulasi
  2. Sosialisasi yang tidak efektif
  3. Perlibatan stakeholder yang tidak memadai
  4. Sistem Inver yang berpotensi merugikan Masyarakat
  5. Realitas kebijakan Jawa, Lampung, Bali “tidak ada PPTKH”.

Leave a Reply