Penjemputan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Taruna Diploma IV Semester 2 Pertanahan STPN

STPN Yogyakarta telah melakukan Penjemputan Praktik Kerja Lapangan (PKL), pada hari Sabtu 4 Mei 2019 dan melakukan hasil presentasi kegiatan pkl 11 hari yang lalu pada hari Senin 6 Mei 2019 di Kantah Kabupaten Semarang. Kegiatan presentasi ini dihadiri oleh Kaprodi Diploma IV Pertanahan STPN Yogyakarta, Pejabat Fungsional, Kakantah Semarang beserta jajaranya. Taruna Diploma IV Semester 2 Pertanahan STPN melakukan presentasi hasil pkl yang telah dilakukan selama 11 hari yang lalu. Tujuan dari kegiatan pkl ini yaitu

  1. Taruna mampu melatih dan mendampingi Pokmas dengan Aplikasi Santri PTSL dan Samrt PTSL
  2. Taruna mampu membantu Pokmas dalam menginput data yuridis berdasarkan berkas yang dikumpulkan ke dalam aplikasi Santri PTSL.
  3. Taruna mampu memberikan Training of Trainer (TOT) Smart PTSL bagi petugas pemetaaan desa atau petugas PTSL desa dan dibawahnya.

Metode yang digunakan mulai dari Transfer of Knowledge and Technology, Training of Trainer (TOT), Pendampingan pengunaan Aplikasi Santri PTSL dan Smart PTSL yang dilaksanakan 83 Taruna yang terbagi menjadi 20 Tim. Hasil dari pkl ini 18.319 Berkas Bidang Tanah, 5.803 Terintegrasi (Fisik dan Yuridis) dan Peta Kerja Santri PTSL serta Peta hasil Pengukuran Smart PTSL. Beberapa permasalahan yang ditemui adalah Keterbatasan SDM di desa, Kesulitan menyamakan pola presepsi dalam pengerjaan PTSL, Koordinasi yang kurang Intensif dan Jaringan intenet di beberapa tempat kurang mendukung. Selain sebuah masalah taruna juga menemukan beberapa solusi yaitu memanfaatkan pemuda di desa yang sudah terbiasa menggunakan smartphone, memberikan ruang lebih untuk konsultasi, pembimbingan serta monitoring dan evaluasi dalam pengunaan aplikasi.

Leave a Reply