PKL Pemetaan Tematik Program Studi Diploma IV Pertanahan di Desa Donotirto, Kretek, Bantul

Praktik Kerja Lapangan (PKL) Pemetaan Tematik yang diikuti oleh 80 Taruna Tingkat II Program Studi Diploma IV Pertanahan STPN dilaksanakan pada 13 Dusun di Desa Donotirto, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 24 November 2014 sampai dengan 4 Desember 2014 (11 hari).

PKL Pemetaan tematik pertanahan bertujuan untuk melatih dan membekali para taruna dalam menyusun peta tematik terkait pertanahan, sehingga taruna mampu menyusun, mengolah dan menganalisis informasi spasial tematik pertanahan dalam satuan tematik bidang tanah.

Beberapa kegiatan survei dan pemetaan yang dilakukan taruna STPN adalah menyusun 11 peta diantaranya adalah peta penggunaan tanah, peta kemampuan tanah, peta sosial ekonomi, peta kependudukan, peta masalah pertanahan, peta administrasi dan tempat-tempat penting, peta pemanfaatan tanah, peta penguasaan tanah, peta pemilikan tanah. Sumber data dalam PKL meliputi data primer (pengukuran, wawancara penduduk, pengecekan kemampuan tanah, survei lapangan) dan data sekunder (monografi desa, data sosial-ekonomi). Beberapa sumber peta yang digunakan adalah peta dasar, citra/foto udara dengan resolusi spasial tinggi.

Hasil dari pemetaan tematik ini diharapkan dapat menjadi dasar dalam menyusun kebijakan pembangunan, penyusunan rencana tata ruang, perencanaan pengembangan daerah sehingga tanah yang ada dapat dimanfaatkan sesuai dengan kemampuan dan kesesuaian tanah seoptimal mungkin agar lebih memberikan kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat serta memberikan manfaat bagi keberlanjutan ekosistem serta lingkungan.

Leave a Reply