PKL Pengukuran, Pemetaan Bidang & Penilaian Tanah Taruna DIV Pertanahan

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan di bawah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional memiliki tugas mencetak lulusan profesional dan handal di bidang agraria/pertanahan. Sebagai sekolah vokasi kegiatan praktik merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang diberikan kepada taruna dengan proporsi ± 70 %, sehingga taruna lulusan STPN diharapkan selain mengusai konsep/teori memiliki keunggulan dalam hal praktik serta kegiatan lapang. Untuk mewujudkan tujuan tersebut berbagai kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) secara simultan terus dilakukan untuk mengembleng Taruna. Salah satu PKL yang wajib diikuti Taruna adalah PKL pengukuran, pemetaan bidang tanah dan penilaian tanah.

Praktik Kerja Lapangan (PKL) pengukuran, pemetaan bidang tanah dan penilaian tanah taruna bhumi Semester IV dilaksanakan di Desa Margodadi, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman, DIY. PKL yang dilaksanakan selama 11 hari (27 Juli – 6 Agustus 2015) diikuti oleh 78 Taruna tingkat II Program Studi Diploma IV Pertanahan yang terdiri dari 24 tim bidang dan 1 tim CORS.

PKL ini diwajibkan bagi seluruh taruna karena kegiatan ini memberikan bekal ketrampilan dan melatih taruna dalam kegiatan pengukuran bidang tanah dan menuangkannya dalam form DI 107A, memberikan pemahaman dalam menerapkan asas kontradiktur delimitasi, memberikan pemahaman dalam menyusun risalah penelitian data yuridis dan penetapan batas (DI 201). Selain menguasai kegiatan pengukuran melalui PKL ini taruna diharapkan mampu memetakan hasil pengukuran di lapangan dan mampu melakukan proses penilaian tanah serta mampu membuat peta nilai bidang tanah.

Kegiatan pengukuran batas bidang tanah dilakukan secara terestris maupun ekstra terestris. Beberapa peralatan yang digunakan meliputi receiver GPS Geodetik, ETS (electronic total station)/theodolit beserta perlengkapannya, meet band, rambu ukur. Software pemetaan dan penilaian tanah yang wajib dikuasai taruna dalam kegiatan PKL meliputi microsoft excel, microsoft acces, AutoCad Map dan aplikasi standarisasi peta serta Acr GIS. Hasil dari kegiatan PKL yang berakhir tanggal 6 Agustus 2015 adalah berupa data base kepemilikan tanah, peta digital bidang tanah dan peta nilai bidang tanah di Desa Margodadi, Kecamatan Seyegan, Sleman.

Leave a Reply