Visitasi Assesor dalam Rangka Akreditasi Perpustakaan STPN

Pada hari Kamis, 25 Juni 2015 Perpustakaan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) menerima visitasi dalam rangka akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Tim asessor terdiri dari 2 orang yakni Drs. Sudirwan Hamid, M.H. dan Agung Sujatmiko, S.H., M.Si. yang keduanya dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Adapun yang menjadi dasar akreditasi perpustakaan perguruan tinggi adalah dalam Pasal 18 UU No.43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, yang berbunyi “Setiap perpustakaan dikelola sesuai dengan standar nasional perpustakaan”. Selanjutnya dalam pasal 24 ayat 1 menyatakan bahwa “setiap perguruan tinggi menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional perpustakaan dengan memperhatikan Standar Nasional Pendidikan”.

Tim Asessor tiba di kampus STPN pada pukul 08.30 WIB disambut oleh Pimpinan STPN yang berlangsung di ruang Ketua STPN. Hadir pada penyambutan ini Plt. Ketua STPN Bambang Suyudi, S.T., M.T. (Pembantu Ketua I), , Pembantu Ketua II Drs. Suharno, M.Si. Kabag Administrasi Umum Ibu Tuluswati, S.H., Kabag Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Lutfi Zakaria, S.IP. dan Kepala Perpustakaan Rakhmat Riyadi, S.Si., M.Si. Selanjutnya acara dilanjutkan di ruang rapat perpustakaan dengan sambutan Plt. Ketua STPN dan pemaparan Kepala Perpustakaan.

Dalam sambutannya Plt. Ketua STPN menyebutkan bahwa perpustakaan merupakan unit penunjang akademik yang sangat penting, karena perpustakaan merupakan jantung dari perguruan tinggi. Oleh karena itu STPN berkomitmen untuk terus mengembangkan perpustakaan supaya lebih berkembang baik dari segi SDM, layanan maupun fasilitas. Acara dilanjutkan dengan presentasi oleh Kepala Perpustakaan Rakhmat Riyadi, S.Si., M.Si. diawali dengan penayangan video tentang profil perpustakaan STPN dilanjutkan dengan presentasi tentang sejarah berdirinya Perpustakaan STPN, SDM yang dimiliki, beragam koleksi dan layanan-layanan yang dimiliki, standar pengelolaan yang dipakai, serta layanan dan fasilitas unggulan yang bisa dimanfaatkan para pemustaka serta rencana strategis perpustakaan ke depan yaitu menjadi perpustakaan pertanahan terlengkap se-Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan keliling perpustakaan STPN disertai wawancara kepada beberapa staf dan pemustaka, dan diteruskan dengan proses verifikasi data. Pada proses verifikasi ini tim asessor memverifikasi 9 komponen penilaian, yaitu komponen : Layanan, Kerjasama, Pengorganisasian Bahan Perpustakaan, Sumberdaya Manusia, Gedung/Ruang, Sarana Prasarana, Anggaran, Manajemen Perpustakaan dan Perawatan Koleksi Perpustakaan. Acara diakhiri dengan pemberian cindera mata dari STPN kepada tim asessor, yaitu berupa plakat dan satu paket buku terbitan STPN press serta majalah sandi terbitan lembaga press taruna STPN.

Akhirnya semoga akreditasi perpustakaan STPN mendapatkan nilai yang terbaik dan dengan adanya akreditasi ini perpustakaan STPN menjadi lebih baik, berkembang dan lebih profesional.

Leave a Reply