WORKSHOP PEMBINAAN PENGEMBANGAN KARAKTER DAN EVALUASI KEGIATAN PENGASUHAN

WORKSHOP PEMBINAAN PENGEMBANGAN KARAKTER DAN EVALUASI KEGIATAN PENGASUHAN
 
Selasa 30 Oktober 2018 bertempat di Ruang PPPM STPN Yogyakarta telah dilaksanakan acara Workshop Pembinaan Pengembangan Karakter dan Evaluasi Kegiatan Pengasuhan. Acara ini dihadiri oleh Kolonel Sus Mardoto,Drs.,M.T., Ketua STPN, Bapak/Ibu Dosen, Pegawai STPN serta Taruna STPN Yogyakarta. Kolonel Sus Mardoto,Drs.,M.T. menjelaskan tentang pendidikan karakter dengan begitu detail dan memberikan empat hal kesimpulan, yaitu :
 
1. Gerakan Pembinaan Karakter (PK) Sebagai Poros Pendidikan
Terwujudnya pembinaan karakter sebagai pondasi utama dari pembangunan karakter bangsa dan merupakan transformasi dan penanaman nilai-nilai pancasila secara berkelanjutan, utamanya melalui aspek keteladanan civitas akademika, orang tua, dan seluruh figur penyelenggara pendidikan serta tokoh-tokoh masyarakat.
 
2. Pembinaan Karakter Merupakan Kewajiban Bersama
Terselenggaranya pembinaan karakter bangsa sebagai kewajiban seluruh kementerian/lembaga, pemerintah daerah, penguruan tinggi, pelaku bisnis dan masyarakat/komunitas, agar segenap sumber daya yang dimiliki dapat dimanfaatkan seluas-luasnya untuk kepentingan pembinaan karakter.
 
3. Pembinaan Karakter Harus Dinamis
Agar pembinaan karakter bangsa berhasil dan sesuai yang diharapkan, pelaksanaannya harus dilakukan secara dinamis dengan memperhatikan perubahan lingkungan strategis, salah satunya bergulirnya revolusi industri 4.0.
 
4. Memperhatikan Keberagaman dan Tingkat Kesenjangan
Tercapainya tahapan pelaksanaan pendidikan karakter sesuai dengan keberagaman dari tingkat kesenjangan setiap satuan pendidikan yaitu di perkotaan, sub-perkotaan, sampai daerah 3T dengan mempertimbangkan keterbatasan prasarana dan sarana kampus, serta aksesiblitas ke kampus.

Leave a Reply