WORKSHOP PENINGKATAN SUMBERDAYA MANUSIA “TEKNOLOGI GNSS DAN FOTOGRAMETRI (UAV/DRONE) UNTUK PERCEPATAN PTSL”SEKOLAH TINGGI PERTANAHAN NASIONAL TAHUN 2018.

Kamis 30 Agustus 2018 s/d 31 Agustus 2018 bertempat di Aula Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Yogyakarta, telah dilaksanakan WORKSHOP PENINGKATAN SUMBERDAYA MANUSIA “TEKNOLOGI  GNSS DAN FOTOGRAMETRI (UAV/DRONE) UNTUK PERCEPATAN PTSL”SEKOLAH TINGGI PERTANAHAN NASIONAL TAHUN 2018.

 

Berbagai upaya percepatan terus dilakukan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk mensukseskan kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang memiliki target 7 juta bidang di tahun 2018. Percepatan pengukuran bidang tanah menjadi tahapan krusial untuk dapat menyelesaikan target PTSL. Salah satu metode pengukuran yang cepat dan berkualitas adalah Metode GNSS dengan menggunakan Teknologi Global Navigation Satelite System Real-Time Kinematic (GNSS RTK) serta Metode Fotogrametri dengan menggunakan teknologi Drone/UAV. Kepastian letak dan batas dengan ketelitian dan akurasi yang tinggi serta real-time, dapat dicapai dengan penggunaan teknologi tersebut. Selain masalah pengukuran bidang, pengumpulan data yuridis juga menjadi masalah tersendiri. Jumlah berkas yang sangat besar menimbulkan msalah tersendiri pada saat link antara Nomor Bidang dan Nomor Berkas.

 

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional yang merupakan lembaga pendidikan dibawah Kementerian ATR/BPN tentu saja mempunyai peran strategis dalam mendukung suksesnya pelaksanaan PTSL tersebut, antara lain  dengan mencetak SDM yang terampil dan handal untuk dapat mengoperasikan alat GNSS-RTK dan UAV/Drone, oleh karena itu perlu diselenggarakan pembekalan kepada Taruna yang akan melaksanakan Wisuda dan segera kembali bertugas di Kementrian ATR/BPN, Kanwil dan Kantor Pertanahan sehingga ketika mereka dapat angsung diterjunkan untuk kegiatan percepatan PTSL dengan memanfaatkan teknologi GNSS-RTK dan Fotogrametri (UAV/Drone) tersebut.

 

Workshop  Peningkatan Kapasitas SDM “Teknologi  GNSS dan Fotogrametri (UAV/Drone) untuk Percepatan PTSL” dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaiu  Kamis s.d. Jumat, 30 s.d. 31 Agustus 2018 di Aula STPN, Jl. Tata Bumi No. 5, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Workshop  Peningkatan Kapasitas SDM “Teknologi  GNSS dan Fotogrametri (UAV/Drone) untuk Percepatan PTSL” dilaksanakan oleh Unit Penunjang Akademik (UPA) Laboratorium STPN bekerja sama dengan PT Geoprima Solution, PT Kompas Teknologi Indonesia dan PT AeroGeosurvey.. Narasumber Workshop dan Pelatihan terdiri atas akademisi dan praktisi :

  1. Dosen STPN
  2. Mahasiswa STPN
  3. PT Geoprima Solution.
  4. PT Kompas Teknologi Indonesia
  5. PT AeroGeosurvey

Workshop dihadiri peserta kurang lebih 250 orang terdiri dari praktisi, akademisi dan taruna.

  1. Praktisi, terdiri dari :
  1. Direktur di Lingkungan Direktorat Jendral Infrastruktur Keagrariaan Kementerian Agraria dan TataRuang/Badan Pertanahan Nasional.
  2. Kepala Bidang Infrastruktur Pertanahan Kantor Wilayah Kementerian Agraria dan TataRuang/Badan Pertanahan Nasional Provinsi seluruh Indonesia.
  3. Seluruh Kepala Seksi Infrastruktur Pertanahan Kantor Pertanahan Kementerian Agraria dan TataRuang/Badan Pertanahan Nasional Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
  1. Akademisi : Dosen STPN sebanyak 17 orang
  2. Taruna : Taruna STPN sebanyak 83 orang

 

Leave a Reply