Workshop Penyusunan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) dan RPS untuk Kurikulum Program Studi Diploma IV Tahun 2018

Senin s/d Selasa 5 November s/d 6 November 2018 bertempat di Ruang PPPM telah dilaksanakan acara Workshop Penyusunan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) dan RPS untuk kurikulum Program Studi Diploma IV Tahun 2018. Acara ini dihadiri oleh Ketua STPN, Bapak/Ibu Dosen STPN, selain itu acara ini menghadirkan narasumber Dr.agr. Ir. Sri Peni Wastutiningsih. Dr.agr. Ir. Sri Peni Wastutiningsih menjelaskan Pengertian CPL, CPMK, dan Sub- CPMK yaitu:

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampilan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. CP Mata Kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.

Selain itu Dr.agr. Ir. Sri Peni Wastutiningsih membuka pertanyaan kepada Bapak/Ibu Dosen yang ingin bertanya tentang Perumusan CPMK dan RPS yang tepat.

Leave a Reply