Workshop Penyusunan Profil Laboratorium Sosial Desa Margodadi

Senin 12 November 2018 bertempat di Kantor Desa Margodadi, Seyegan, Sleman, Yogyakarta telah dilaksanakan kegiatan Workshop Penyusunan Profil Laboratorium Sosial Desa Margodadi. Kegiatan ini dihadiri oleh Dosen STPN, Perangkat Desa Margodadi. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan menengah (multi  years) pemberdayaan masyarakat desa ini. Pembangunan Sistem Informasi Pertanahan Desa memiliki beberapa tahapan yang akan dicapai yaitu:

  1. Pembuatan profilling desa
  2. Pemetaan potensi desa
  3. Pembuatan Website

Workshop ini bertujuan menyiapkan data awal (dasar) Desa Margodadi, seperti sejarah desa, lokasi dan batas administrasi, penguasaan dan pemilikan tanah, penggunaan dan pemilikan tanah, kondisi sosial, kondisi ekonomi, kondisi budaya dan potensi pariwisata. Data awal ini akan terwujud dalam bentuk Sistem Informasi Pertanahan Desa.

Output dan Outcome dari kegiatan ini Outputnya dapat berupa terselenggaranya “Pembuatan Profilling Desa” di Desa Margodadi, yang merupakan langkah awal bagi dibangunnya Sistem Informasi Pertanahan Desa. Sedangkan Outcome yang dihasilkan berupa meningkatnya Sistem Informasi Pertanahan yang dimiliki Desa Margodadi, sehingga mampu mempromosikan keberadaan desa untuk berbagi keperluan, seperti pemerintahan, perdangangan dan pariwisata.

Leave a Reply