Kuliah Umum bersama Kepala PPSDM Kementerian ATR/BPN

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum pada hari Sabtu, 18 September 2021 secara daring (online) dan luring (offline). Peserta kegiatan adalah taruna Prodi Diploma IV Pertanahan. Unsur pimpinan, para dosen, dan pengelola asrama turut hadir dalam acara tersebut. Narasumber adalah Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian ATR/BPN Dr. Agustyarsyah, S.SiT., S.H, M.P. Beliau juga alumni STPN yang telah banyak mengukir prestasi dan merupakan kebanggaan almamater. Tujuan dari kegiatan Kuliah Umum ini adalah agar sivitas akademika–terutama taruna–semakin terbuka wawasannya dalam pengembangan diri sejak dini.

Dalam sambutannya, Ketua STPN–Dr, Ir. Senthot Sudirman, M. S.–menyampaikan, “Kegiatan ini merupakan kesempatan mahal, kita akan mendengarkan pengalaman tidak hanya teori yang akan disampaikan oleh pelaku sejarah, sehingga seperti testimoni.  Beliau dulu adalah murid saya, beliau memiliki karakter suka tantangan. Buatlah diri kalian (para taruna) memiliki kemampuan yang luar biasa, yang didapatkan dengan berjuang dari waktu ke waktu”.

Narasumber menyampaikan tentang bagaimana perjalanan karir yang dilalui dari mulai masuk di STPN hingga sekarang. Agustyarsyah mengatakan, “Bersekolah di STPN merupakan kesempatan yang tidak semua orang bisa dapatkan, belajarlah dengan giat”. Beliau juga memberikan dorongan semangat kepada para taruna, “Keikhlasan dalam bekerja akan membawa kita kepada kesuksesan. Profesional adalah suatu kondisi yang kita temukan ketidakcocokan di dalam pekerjaan, tetapi kita mampu mengubahnya menjadi hal yang lebih baik. Dengan profesionalitas, apa yang yang kita tuju akan tercapai dan dapat menentukan masa depan”. Beliau menambahkan bahwa kunci dari hasil kuliah adalah 3 kompentensi yaitu keahlian, pengetahuan, dan sikap.

Leave a Reply