Kunjungan Kerja Dari Departemen Teknik Geomatika Fakultas Teknik Sispil, Perencanaan, dan Kebumian Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Dalam rangka menjalin hubungan antar dua perguruan tinggi dan inisiasi kerjasama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melakukan kunjungan balasan ke Kampus  Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) pada tanggal 23 November 2021. Sebelumnya tim STPN telah mengunjungi Kampus ITS pada tanggal 18 November 2021.

Rombongan diterima langsung oleh Ketua STPN dan beberapa perwakilan dosen terutama pengelola laboratorium di STPN. Ketua STPN, Dr. Ir. Senthot Sudirman, M.S. dalam sambutannya menyampaikan beberapa poin antara lain di STPN terdapat 2 (dua) program studi yaitu Program Studi Diploma IV Pertanahan dan Program Studi Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral. Saat ini, STPN sedang menyiapkan pembentukan beberapa prodi baru sebagai tahap awal transformasi ke politeknik. Taruna STPN berasal dari pegawai tugas belajar (khusus untuk Prodi Diploma IV Pertanahan), peserta didik dari umum, serta  peserta didik kerjasama dari beberapa pemerintah daerah. Selain pembelajaran di kampus, taruna STPN juga melaksanakan praktik kerja lapang serta pemberdayaan masyarakat di laboratorium desa, Kuliah Kerja Nyata Pertanahan-Praktik Tata Laksana Pertanahan (KKNP-PTLP) di beberapa kantor pertanahan, dan saat ini sedang diinisiasi kerjasama pelibatan taruna dalam membantu pembenahan data pertanahan di wilayah penguasaan BP Batam. Dalam kesempatan tersebut Kepala Departemen Teknik Geomatika FTSPK-ITS, Danar Guruh Pratomo, ST., MT, PhD, juga menyampaikan profil dan program yang ada pada Departemen Teknik Geomatika ITS.

Selanjutnya, pihak STPN maupun ITS sepakat untuk melaksanakan kerjasama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi antara lain meliputi penyelenggaran pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pemanfaatan sumber daya bersama untuk pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, penerbitan karya ilmiah bersama, pertemuan ilmiah/seminar/kegiatan lainnya bersama.

Leave a Reply