Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) bagi Dosen dan Calon Dosen di Lingkungan STPN Tahun 2021

Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Pejaminan Mutu Internal (P4MI) Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan dan Penjamin Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Sebelas Maret (UNS) melaksanakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) bagi Dosen dan Calon Dosen di Lingkungan STPN Tahun 2021. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin s.d. Sabtu, pada tanggal 11-16 Oktober 2021 bertempat di Rich Jogja Hotel.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme calon dosen dan dosen dalam kompetensi pedagogik, sehingga mampu meningkatkan pengelolaan pembelajaran dan semakin mengefektifkan hasil belajar bagi para taruna di STPN. Kegiatan pelatihan Pekerti ini para dosen dan calon dosen ditunjukkan bagaimana menyesuaikan diri terhadap perubahan paradigma  pembelajaran yang saat ini baik melalui  teori maupun konsep dasar, bagaimana mengetahui karakter mahasiswa supaya meningkatkan motivasi dalam belajar dan menciptakan pembelajaran yang efektif. Para dosen diharapkan nantinya juga akan mengenali tahapan sistem instruksional mulai dari merancang pembelajaran, implementasi strategi metode pembelajaran dan melakukan pengukuran/evaluasi pembelajaran.

Kegiatan pelatihan Pekerti diikuti oleh 25 orang dosen dan calon dosen di lingkungan STPN Yogyakarta, dengan didampingi para fasilitator berpengalaman dari LPPMP UNS. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua STPN Dr.Ir. Senthot Sudirman, M.S., merupakan pelatihan Pekerti angkatan ke 2 bagi STPN. Pelatihan Pekerti tahun 2021 diselengarakan dengan mengacu pada Nota Kesepahaman antara Menteri ATR/Kepala BPN dengan Rektor UNS, yang kemudian ditindaklanjuti Nota Perjanjian Kerja Sama antara STPN dengan LPPMP UNS. Pada sesi penutupan pada tanggal 16 Oktober 2021, berkesempatan hadir Pembantu Ketua Bidang Akademik Rakhmat Riyadi, S.Si., M.Si., memberi arahan penutup dan merasa banggga dengan seluruh peserta Pelatihan Pekerti yang bersemangat dan memiliki komitmen dalam meningkatkan kapasitas diri dibidang keprofesian Dosen.

 

 

Leave a Reply