Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama antara Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional dengan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro

Dalam rangka membangun kerja sama dan menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) melakukan kunjungan kerja/benchmarking ke Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (SV UNDIP). Dalam kegiatan benchmarking ini ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan yaitu:

(1) Penandatanganan Nota Kesepahaman antara STPN dan SV UNDIP;

(2) Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Program Studi (Prodi) Diploma 4 Pertanahan STPN dan Prodi Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan SV UNDIP;

(3) Diskusi Pengembangan Pendidikan Tinggi;

(4) Diskusi Sinergisitas Kegiatan Prodi dan Pembangunan Prodi Baru.

Kegiatan Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) STPN Yogyakarta dengan SV UNDIP Semarang dilakukan oleh Ketua STPN, Dr. Ir. Senthot Sudirman, M.S. dengan Dekan SV UNDIP, Prof. Dr. Ir. Budiyono, M.Si. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 3 Juni 2021 bertempat di Gedung Dekanat SV UNDIP Tembalang. Nota Kesepahaman ini merupakan upaya untuk dapat menghasilkan lulusan yang berkompeten dengan meningkatkan kualitas SDM melalui Sekolah Vokasi di bidang tata ruang dan pertanahan.

Ketua STPN Yogyakarta Dr. Ir. Senthot Sudirman, M,S. menyampaikan kesannya pada kegiatan benchmarking ini: “Setelah bersama-sama kita ke Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro ini, kami mendapat sambutan yang luar biasa dengan konten pembicaraan yang tentu saling bermanfaat bagi STPN maupun SV UNDIP. Setelah penandatanganan ini, kita akan rumuskan masing-masing dan segera kita tindak lanjuti baik di bidang kerja sama pendidikan, pertukaran dosen dan mahasiswa, serta penelitian. Dalam kegiatan benchmarking ini, kita melaksanakan perbaikan  kurikulum, sharing untuk membenahi agar menghasilkan lulusan yang berkompeten.”

Prof. Dr. Ir. Budiyono, M.Si. juga menyampaikan kesan pada kegiatan ini: “Sekolah Vokasi di Indonesia sedang membangun untuk menjadi lebih baik demi anak-anak bangsa. Saat ini Indonesia sangat membutuhkan tenaga terampil yang berkompeten melalui Sekolah Vokasi.  Kami berharap kehadiran STPN dapat memperkuat kerja sama antara STPN dengan SV UNDIP. STPN memiliki dosen-dosen praktisi, harapannya dapat bersama-sama melakukan pendekatan di bidang pendidikan. Pendidikan vokasional itu membutuhkan 50% dosen kampus dan 50% dosen praktisi, diharapkan kita dapat melakukan kerja sama baik di bidang pendidikan, penelitian maupun pengabdian masyarakat.”

Selain itu juga diselenggarakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Program Studi (Prodi) Diploma 4 Pertanahan STPN dan Prodi Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan (PTRP) SV UNDIP. Dalam hal ini dilaksanakan oleh Kaprodi D4 Pertanahan, Dr. Sutaryono, M.Si., dan Kaprodi PTRP Khristiana Dwi Astuti, S.T., M.T.,

Dari Penandatangan MoU dan PKS ini semoga ke depannya dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas kerja sama antara  STPN dengan SV UNDIP.

Leave a Reply