Penjemputan Peserta PKL III Pengukuran Bidang dan Penilaian Tanah Di Desa Sendangmulyo

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) telah melaksanakan kegiatan Penjemputan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ) III Pengukuran Bidang dan Penilaian Tanah di Balai Desa Sendangmulyo, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. PKL III ini dilaksanakan selam 11 hari, mulai tanggal 16 sd 26 November 2020. Peserta PKL III Pengukuran Bidang dan Penilaian Tanah ini adalah Seluruh Taruna Semester III pada Program Studi Diploma IV Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional sejumlah 183 Taruna dan dipandu oleh 40 orang Instruktur serta 15 orang Pendamping.

Praktik Kerja Lapangan III Pengukuran Bidang dan Penilaian Tanah dimaksudkan untuk menjadi wahana pembelajaran kontekstual dan praktis bagi Taruna Semester III yang langsung dilakukan terhadap bidang-bidang tanah di lapangan. Dalam kegiatan PKL ini para taruna menggunakan metode Quality Rating Value Estimation (QRVE) dan menghasilkan Peta Bidang Tanah dan Peta Penilaian Tanah.  

Adapun Praktik Kerja Lapangan III Pengukuran Bidang dan Penilaian Tanah bertujuan untuk:

  1. Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dipelajari di kampus ke dalam praktik secara nyata di lapangan;
  1. Memberikan pembelajaran interaksi dan komunikasi secara langsung dengan masyarkat;
  2. Melakukan praktik pengukuran dan pemetaan bidang-bidang tanah, pengumpulan data

     yuridis tanah dan melakukan penilaian tanah secara langsung dengan objek sebenarnya.

Desa Sendangmulyo memiliki luas desa 765,6003 HA yang terdiri dari 16 dukuh, dalam kegiatan pkl ini dapat diketahui  bidang  yang sudah bersertipikat dan belum bersertipikat di desa tersebut. Total bidang yang diperoleh sejumlah 8404 bidang tanah yang terdiri 6486 bidang yang sudah bersetipikat dan 1918 bidang belum bersertipikat.

Leave a Reply