Rapat Koordinasi Penjajakan Kerjasama antara Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) dengan Kantor Pertanahan Kota Batam, dan Badan Pengusahaan (BP) Batam.

 

Pada hari Rabu, 3 November 2021 telah dilakukan rapat koordinasi via zoom tiga pihak yaitu Kantor Pertanahan Kota Batam, Badan Pengusahaan (BP) Batam, dan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN). Beberapa hal yang disepakati sebagai berikut:

  1. Tiga pihak bersepakat untuk melakukan kerja sama dalam pembenahan data pertanahan di wilayah penguasaan BP Batam yang diperkirakan sebanyak 47.000 bidang.
  2. Sebagai langkah awal telah disepakati akan dilakukan survey awal dari STPN ke BP Batam untuk mengetahui lebih lanjut tentang pekerjaan yang akan di kerjasamakan.
  3. Bentuk kerjasama tersebut dilakukan melalui Program Kampus Merdeka STPN yang dapat dimulai semester ganjil Tahun Akademik 2021/2022 dengan melibatkan Taruna STPN Semester VII. Jika belum selesai dapat dilanjutkan dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pertanahan-Praktik Tata Laksana Pertanahan (KKNP-PTLP) oleh Taruna STPN Semester VI Tahun Akademik 2021/2022.
  4. Dalam kegiatan tersebut Taruna STPN akan melakukan pengukuran dan pemetaan kadastral, validasi dan integrasi data spasial dan tekstual, membangun Sistem Informasi Pertanahan (SIP) guna mewujudkan kondisi aset BP Batam yang clean and clear untuk mendorong penguatan investasi serta mewujudkan Batam-Kota Lengkap.
  5. Saat ini STPN, Kantah Kota Batam, BP Batam sedang menyusun draft MoU dan PKS dimaksud dan rencananya akan ditindaklanjuti di Kampus STPN Yogyakarta tanggal 18 November 2021.
  6. Ketua STPN menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai ajang belajar yang baik bagi para taruna maupun dosen pendamping.

Leave a Reply