Rapat Penjelasan Kegiatan Ground Check Praktik Kerja Lapangan (PKL) P4T  Taruna Semester II dan PKL IV Pemetaan Tematik dan Analisis PGT Taruna Semester IV DIV Pertanahan STPN Tahun Akademik 2020/2021

Dalam rangka pelaksanaan Ground Check Praktik Kerja Lapangan (PKL) Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan, dan Pemanfaatan Tanah (P4T) Taruna Semester II Prodi dan PKL IV Pemetaan Tematik dan Analisis Penatagunaan Tanah (PGT) Taruna Semester IV DIV Pertanahan STPN Tahun Akademik 2020/2021. Sekolah Tinggi Pertanahan  Nasional (STPN) melakukan Rapat Penjelasan Kegiatan Ground Check Praktik Kerja Lapangan (PKL) P4T Taruna Semester II dan PKL IV Pemetaan Tematik dan Analisis PGT  Taruna Semester  IV DIV Pertanahan STPN Tahun Akademik 2020/2021. Kegiatan ini dilakukan pada hari Jumat, 17 September 2021 dihadiri secara daring oleh Ketua STPN, Dr. Ir. Senthot Sudirman, M.S., Bapak/Ibu  Pejabat Fungsional, para dosen/instruktur, dan asisten instruktur.

Pada sesi pembukaan, Kaprodi Diploma IV Pertanahan–Dr. Sutaryono, S.Si., M.Si.—memberikan pengantar bahwa kegiatan ini merupakan penilaian akhir rangkaian dengan PKL sebelumnya. Kegiatan ground check bertujuan untuk menguatkan pemahaman, meningkatkan skills, menambah wawasan, dan kemampuan mengumpulkan data yang lebih baik. Adapun beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain :

  • Mendengarkan paparan dari Kepala Desa terkait problematika pertanahan;
  • Pendataan untuk masing-masing kelompok 3-4 Kepala Keluarga, sekaligus menjadi praktik secara langsung;
  • Instrumen ukur yang digunakan adalah Smart PTSL
  • Interview dengan masyarakat di lokasi ground check.

Ketua STPN memberikan arahan kepada para peserta untuk dapat mengikuti kegiatan PKL ini dengan baik dan belajar mengumpulkan data secara langsung di lapangan.

Leave a Reply