Rintisan Kerjasama STPN Dan Pemerintah Kabupaten Wonogiri

Kamis, 2 Juni 2022, Wonogiri – Tim dari Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional menghadiri undangan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Wonogiri dalam rangka rintisan kerja sama berkaitan dengan pengembangan penilaian massal tanah berbasis bidang. Acara diskusi dibuka oleh Sekretaris Pemerintah Kabupaten Wonogiri, Drs., Haryono, M.M., yang menyambut dengan hangat kedatangan tim STPN.

Ketua STPN, Dr. Ir. Senthot Sudirman, M.S. menyampaikan materi terkait Pengembangan Kadaster Multiguna Melalui Sistem Pemutakhiran Basis Data Tematik Berbasis Bidang Tanah. Dalam kegiatan ini disampaikan pula maksud dan tujuan Tim STPN selain untuk melakukan knowledge sharing juga turut membantu pemerintah daerah dalam hal pembaharuan data Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Presentasi ini mendapat apresiasi dan tanggapan positif dari jajaran Pemerintah Kabupaten Wonogiri. Moch. Chozinuddin Holil, S.E., M.Si., selaku Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan Daerah mengharapkan program STPN ini dapat turut membantu Kabupaten Wonogiri yang sedang merintis integrasi big data. Sedangkan dari Inspektorat Kabupaten Wonogiri juga menyambut baik program ini karena ada unsur tenaga ahli seperti dari MAPPI, sehingga dapat diterima oleh Komisi Pemberantasan Korupsi dan badan pemerintah lain bila terkait dengan pelaksanaan audit.  Sebaga penutup Bapak Sekretaris Daerah menekankan kerjasama yang dimungkinkan adalah dalam hal penentuan NJOP dan monitoring pembaharuan nilai tersebut. Rencana kerja sama ini selanjutnya akan didiskusikan lebih lanjut dengan Bapak Bupati untuk  proses ke depannya.

Leave a Reply