Sosialisasi dan Focus Group Discussion (FGD) Sistem Informasi Desa Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat pada Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (PPPM-STPN)

Yogyakarta, 22 September 2022, PPM-STPN melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan FGD Sistem Informasi Desa selama  dua hari, pada tanggal 22-23 September 2022 bertempat di Balai  Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, Gunungkidul. Peserta FGD ini adalah Tim STPN yang dipimpin oleh Ketua STPN didampingi oleh jajaran PPPM STPN, Pamong desa, tokoh masyarakat, kelompok tani, pengurus perwakilan BUMDES dan perwakilan masyarakat Kemadang.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Bapak Carik Kemadang dengan menitik beratkan pada pelaksanaan kajian untuk lebih mengoptimalkan potensi selain pantai yang selama ini baru sebatas hasil laut. Diharapkan dengan Reforma Agraria (RA) bisa lebih mengoptimalkan potensi Kemadang di potensi lain.” Pada sambutan kedua oleh Ketua STPN  Dr. Ir. Senthot Sudirman, M.S. disampaikan mengenai profil  STPN sebagai lembaga pendidikan vokasi dengan prkatik 40-60% dan melaksanakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi. Salah satu perwujudannya adalah membantu menyusun system informasi pertanahan desa berupa Sistem Informasi Digital yang dirancang berdasarkan basis data digital setiap bidang tanah, gambar bidang tanah yang diberi identitas kunci yang menyambung dengan informasi apapun yang disajikan  untuk warga. Dalam membuat system tersebut harus dilakukan pengumpulan data yang berkerjasama dengan pamong dan warga desa. Sistem Informasi Pertanahan yang selalu diupdate berguna untuk mempermudah akses informasi dan perencanaan pembangunan desa.”

Sebagai penutup, STPN menyerahkan mesin pencacah rumput dan beberapa ekor kambing yang diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat  di Desa Kemadang. Kegiatan serah terima ini dilakukan secara simbolis dengan foto bersama.

 

 

Leave a Reply