Sosialisasi dan Penyuluhan PKL II P4T Taruna Semester II Program Studi Diploma IV Pertanahan STPN Tahun Akademik 2021/2022.

Dalam rangka persiapan Praktik Kerja Lapangan (PKL) II Penguasan, Pemilikan, Penggunaan, dan Pemanfaatan Tanah (PKL II P4T) Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) dilakukan kegiatan Sosialisasi dan Penyuluhan PKL.  Kegiatan ini diselenggarakan di Balai Desa Nglanggeran, Kapanewon Patuk dan Balai Desa Pampang, Kapanewon Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul, pada  hari Kamis, 2 Juni 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh Tim Sosialisasi dan Penyuluhan PKL II P4T STPN, Lurah Nglanggeran, Lurah Pampang berserta aparat desa dari kedua desa tersebut. Lurah dan aparat dari kedua desa menyambut dengan baik rencana PKL di desa mereka. Kegiatan PKL II diagendakan pada tanggal 6 Juni- 17 Juni 2022 yang akan diikuti 180 orang taruna. PKL ini merupakan praktik kerja untuk melakukan pengumpulan (inventarisasi) data penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan tanah. Data tersebut diolah dalam sebuah pangkalan data (basis data) pertanahan, sehingga dapat menjadi dasar pengambilan keputusan baik untuk restrukturisasi P4T maupun perencanaan persediaan, peruntukan, dan penggunaan tanah, sesuai daya dukung dan daya tampungnya.

Tujuan dari kegiatan PKL IP4T ini adalah Taruna mampu melaksanakan inventarisasi penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan tanah (IP4T) untuk kepentingan land reform serta untuk tujuan lainnya dalam konteks pengembangan potensi wilayah dan pemberdayaan masyarakat. Selain inventarisasi data P4T, peserta PKL juga diharapkan juga mampu melakukan analisis data P4T, mengintegrasikan data yang ada dengan data lain serta menyajikannya sehingga dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk proses pengambilan keputusan, baik terkait P4T maupun untuk tujuan lain.

Harapannya nanti akan menambah data kami yang lebih actual terutama pembaharuan, kelengkapan data batas wilayah, perubahan tanah dan semoga kegiatan PKL ini dapat berjalan dengan lancar.

Leave a Reply