Sosialisasi Penyusunan BKD bagi Dosen dan Calon Dosen di lingkungan STPN

Memperhatikan surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidiikan Tinggi Nomor 12/E/KPT/2021 tentang Pedoman Operasional Beban Kerja Dosen (BKD) Tahun 2021. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN)—melalui Pusat Pengembangan Pembelajaran Dan Penjamin Mutu Internal (P4MI)—menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Penyusunan BKD bagi dosen dan calon dosen di lingkungan STPN. Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin, 4 Oktober 2021 bertempat di Ruang Rapat PPPM dan Ruang Kerja masing-masing peserta, karena dilakukan secara daring dan luring. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua STPN, Dosen, dan Calon Dosen STPN. Acara ini juga mengundang narasumber dalam dari Tim Ditjend Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Dalam sambutannya, Ketua STPN–Dr. Ir. Senthot Sudirman, M.S.—menyampaikan, “Ucapan terima kasih kepada para narasumber, ke depan LKD BKD STPN akan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sebenarnya banyak hal yang ingin kami komunikasikan dengan Ditjend Vokasi. Namun, semoga melalui acara ini kami dapat memperoleh pencerahan dan juga pengarahan yang luar biasa, sehingga bisa diterapkan di STPN, agar kami dapat menjalankan tugas-tugas kami sebagai dosen.”

Kepala Divisi Penjaminan Mutu Internal P4MI STPN–Sapardiyono, A.Ptnh., M.H.—selaku moderator menyampaikan alur kegiatan mulai dari ketentuan pembuatan LKD BKD, Kebijakan BKD, Rubrik BKD, dan terakhir bagaimana Sister Online, menyampaikan, “kita akan memulai terlebih dahulu tentang kebijakan BKD yang sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Nomor 12 /EKPT/2021 tentang Pedoman Operasional Beban Kerja Dosen.”

Kegiatan ini diharapkan dapat dan mampu mencapai target utama dalam penyusunan BKD bagi seorang dosen supaya dapat melaksanakan kewajibannya secara benar dan sesuai dengan pedoman BKD yang berlaku. Selain itu evaluasi BKD merupakan upaya meningkatkan profesionalisme dosen dalam melaksanakan tugas, meningkatkan mutu proses pendidikan, meningkatkan akuntabilitas kinerja dari para dosen dalam rangka mewujudkan tujuan dari pendidikan nasiona

Leave a Reply