STPN GIS INNOVATION CHALLENGE FINAL COMPETITION “Modernisasi Sistem Kadaster dan Program Kebijakan Strategis Pertanahan, Agraria dan Tata Ruang melalui Teknologi SIG”

Dalam rangka meningkatkan kemampuan sivitas akademika serta mendorong kreativitas mahasiswa terhadap penguasaan teknologi SIG (Sistem Informasi Geografis), maka Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional menjalin kerjasama dengan ESRI Indonesia untuk melaksanakan  kegiatan kompetisi mahasiswa dengan tema “Modernisasi Sistem Kadaster dan Program Kebijakan Strategis Pertanahan, Agraria dan Tata Ruang melalui Teknologi SIG”.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan diikuti 197 peserta, kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10 Maret 2021. Dalam kegiatan kompetisi ini adalah bentuk kegiatan rangkaian kerjsama STPN dengan Esri Indonesia, para peserta kelompok yang lolos hingga tahap final, akan diberikan waktu 15 untuk presentasi dengan hasil karya yang telah dibuat, di setiap sesi presentasi masing-masing kelompok akan mendapatkan pertanyaan atau masukkan dari para dewan juri.

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala PPSDM, CEO Esri Indonesia, Tim Esri Indonesia, Bapak/Ibu Dosen STPN dan Taruna/i STPN. Dewan juri dalam kompetisi ini adalah Deni Santo, S.T., M.Sc. (Ka.PPSDM ), Dr. Achmad Istamar (CEO Esri Indonesia), Bambang Suyudi, S.T., M.T. (Kepala P4MI STPN).

Dalam hal ini sambutan Ketua STPN diwakili oleh Pembantu Ketua I memberikan sambutan sekaligus membuka acara ini “Kompetisi ini diikuti oleh lima regu yang beranggotakan mahasiswa D IV pertanahan dan setiap peserta  telah menghasilkan produk kompetisi dalam bentuk suatu makalah, lalu story map dan presentasi proses inovasi teknologi yang menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam rangka untuk memecahkan permasalahan pertanahan. Pada saat ini STPN melalui Unit Penunjang Akademis Laboratorium sedang mengembangkan dan memanfaatkan teknologi SIG dalam rangka membantu tugas-tugas Kementerian ATR/BPN dalam melaksanakan program-program strategis di bidang pertanahan, oleh karena itu kerja sama dengan Esri diharapkan memberikan kontribusi yang psoitif terhadap pencapaian tersebut. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dewan juri, Bapak/Ibu yang ikut di acara ini, terima kasih juga kepada para panitia” Jelas  Rakhmat Riyadi, S.Si., M.Si.

Dalam hal ini CEO Esri Indonesia juga “Dimana pada kegiatan ini kita mengadakan dengan agak khusus, dimana di masa pandemi ini kita dihadapkan dengan situasi tantangan masyarakat yang multidimensi, banyak tantangan-tantangan dalam masyarakat ini kaitannya dengan tantangan lapangan kerja, juga dengan pengolahan sumber daya alam kedepannya lebih baik. Banyak sekali yang bisa dikontribusikan dengan teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG), karena SIG memiliki kemampuan untuk menyatukan berbagai informasi, medapatkan feedback masukkan dari masyarakat, mengolahnya kemudian menyajikannya bagi para pengambil keputusan. Beliau melihat lima karya anak bangsa yang begitu inovatif yang sangat membanggakan  yang tentunya berguna dalam pngolahan pemetaan cepat. Sejati data pertanahan bukan hanya penting dalam kemajuan line kadaster administrasi pertanahan, namun bagi kami masyarakat dan dunia swasta, dimana di dunia saat ini lebih dari 75% masyarakat dunia tidak memiliki sertifikat tanah untuk tempat yang ditinggalinya, di banyak Negara, misalnya Negara seperti India sertifikat tanah ini dijadikan momentum untuk pertumbuhan ekonomi. Bersama-sama kita memberikan masukkan kepada karya-karya ini dan semoga kedepan karya ini dapat di kembangkan menjadi karya yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.” Jelas Dr. Achmad Istamar

Selain itu juga ada beberapa penghargaan selain juara kompetisi ini dengan beberapa kategori yang disampaikan oleh pembawa cara Regina Hitoyo, beberapa kategori yaitu Inovasi & Stori Map Terbaik, Ide Terbaik, Kreatifitas Terbaik, dan Visualisasi Terbaik.

Bambang Suyudi, S.T., M.T.  menyampaikan pengumuman pemenang dalam kompetisi SIG ini, berikut nama-nama perwakilan pemenang finalis kompetisi SIG :

  1. Tim Fajar Buyung sebagai juara pertama
  2. Tim Baskara Suprojo sebagai juara kedua
  3. Tim Muhammad Fadhilla sebagai juara ketiga
  4. Tim Bilqish Ar-rumasyah sebagai juara harapan pertama
  5. Tim Dominicus Rex sebagai juara harapan kedua

Ka.PPSDM menyampaikan pesan “Kegiatan ini sangat menarik karena melatih kreativitas, inovasi generasi muda ATR/BPN, ini juga dapat memberikan kontribusi nyata, bahwa teman-teman mahasiswa sudah mempunyai suatu keinginan, kepedulian dalam pemecahan masalah yang ada di masyarakat, dan ide ini tidak hanya berhenti pada kompetisi ini saja tetapi dilanjutkan dengan dirilis dijadikan sistem yang dapat digunakan untuk publik. Terima kasih untuk Esri Indonesia, terima kasih untuk STPN serta sukses untuk STPN yang telah menyelenggarakan dengan dengan baik.”  Jelas Deni Santo, S.T., M.Sc. (Ka.PPSDM ).

Leave a Reply