Upacara Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 Tanggal 17 Agustus 2022

Yogyakarta, 17 Agustus 2022 – Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 diselenggarakan di Kampus STPN dan diikuti oleh seluruh civitas akademika dipimpin oleh Ketua STPN, Dr. Ir. Senthot Sudirman, M.S.

Dalam kesempatan ini dibacakan Teks Proklamasi serta naskah sambutan Gubernur DIY dalam Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan 2022.
Peringatan proklamasi sama halnya dengan sebuah perenungan spiritual, yang dalam budaya Jawa jumbuh dengan menuaikan patrap, melalui adeping tekad, dan cloroting batin, sura diya jayaningrat lebur dening pangastuti, sebagai laku yang ditempuh menuju pangajab-sih kawilujengan langgeng.

Proklamasi 1945 adalah sumber kekuatan dan sumber tekad perjuangan dan dapat diibaratkan sebagai puncak ledakan seiring kohesi total nasional, dimana seluruh tenaga dan pikiran, kekuatan material, dan spiritualitas bangsa Indonesia menyatu dalam tekad: MERDEKA!!! MERDEKA!!! TANAH NEGERIKU YANG KUCINTA.
Segenap warga yang patriotik haruslah merefleksikan nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika yang mempersatukan Indonesia. Bahwa kemajemukan harus dikreasikan sebagai sumbu yang menerangi keutuhan bangsa dan negara. Visi kemajemukan demi kohesi nasional bangsa itulah, kita renungkan makna Peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77, seraya terus menerus menjaga nyala spirit Indonesia Raya “BANGUNLAH JIWANYA, BANGUNLAH INDONESIA”

Leave a Reply