Wisuda Program Studi Diploma IV Pertanahan dan Program Studi Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral Tahun Akademik 2019/2020

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) telah melaksanakan Wisuda Program Studi Diploma IV Pertanahan dan Program Studi Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral Tahun Akademik 2019/2020. Kegiatan wisuda tahun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ini lakukan secara daring dan offline, namun sebagaian besar dari kita masih diperkenankan mengikuti secara daring di tempat tinggal masing-masing  dalam suasana bangga dan bahagia dalam  rangka mengikuti Sidang Senat Terbuka STPN dengan acara tunggal Wisuda Program Diploma IV Pertanahan dan Program Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral Tahun Akademik 2019/2020. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu 9 September 2020 di Pendopo Sasana Widya Bhumi Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional, perwakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Sekretaris Jenderal, Inspektur Jenderal, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan  Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Staf Khusus Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Staf Ahli Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Tenaga Ahli Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Segenap Pimpinan dan Anggota Dewan Penyantun Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional, Para Kepala Kantor Wilayah BPN di Lingkungan  Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional serta Segenap Anggota Senat Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN), serta Bapak/Ibu Dosen dan seluruh jajaran Sivitas Akademika STPN.

Hari ini tanggal 09 September 2020 merupakan salah satu momen yang sangat penting bagi kehidupan akademik STPN karena pada hari ini kembali dapat melangsungkan acara Wisuda bagi lulusan Program Studi Diploma IV Pertanahan yang ke-30 dan Wisuda Program Studi Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral  yang ke-24 sejak didirikannya STPN pada tahun 1993. Jumlah wisudawan pada saat ini adalah sebanyak 570 orang, yang terdiri atas lulusan Program Studi Diploma IV Pertanahan tugas belajar ATR/BPN sebanyak 80 orang dan Program Studi Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral sebanyak 490 orang. Dari 490  orang lulusan Program Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral tersebut terdiri dari peserta reguler 440 orang dan peserta kerjasama dengan Pemerintah Aceh 40 orang dan Pemerintah Kabupaten Manggarai 10 orang.

Terkait Program Diploma IV Pertanahan dari 80 orang lulusan, sebanyak 36 orang adalah dari Konsentrasi Perpetaan dan 44 orang  adalah dari Konsentrasi Manajemen Pertanahan. Wisudawan yang memperoleh predikat Cum-Laude (dengan pujian) sebanyak 31 orang. Indeks Prestasi Kumulatif tertinggi pada Konsentrasi Perpetaan diraih oleh Sdr Saadilah Khairi  Utusan Kanwil BPN Provinsi Kalimantan Selatan, dengan nilai IPK 3,79. Untuk Konsentrasi Manajemen Pertanahan IPK tertinggi diraih oleh Sdri. Dinar Wahyu Wardani  Utusan Kanwil BPN Provinsi Jawa Tengah, dengan nilai IPK 3,80.

Untuk Program Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral dari jumlah 490 orang lulusan, sebanyak 76 orang memperoleh predikat Cum-Laude (dengan pujian). Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi diraih oleh Sdri. Dera Denisa Widyawati dengan IPK  3,87 dan Sdri. Aura Laksitaning Jalma dengan IPK 3,87 yang keduanya berasal dari Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan peserta yang memiliki IPK tertinggi dari Jalur Kerjasama adalah Sdr. Eryani Monalisa, asal Provinsi Aceh dengan IPK 3,76 (dengan pujian) dan Sdri.  Yohana Afrida asal Kab. Manggarai NTT dengan IPK  3,44 (Sangat Memuaskan). Berdasarkan Peraturan Menteri ATR/KBPN Nomor 11 Tahun 2017, lulusan Program Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral STPN dapat diangkat menjadi Asisten Surveyor Kadaster setelah lulus menempuh Ujian Lisensi. Pada tanggal 03 September 2020 mereka telah menempuh ujian lisensi yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengukuran dan Pemetaan Dasar Kementerian ATR/KBPN.

Dengan rasa syukur yang besar kegiatan wisuda dengan tetap memperhatikan protokol Covid 19 di era New Normal ini berjalan dengan lancar.

 

Leave a Reply