Workshop Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah PPPM

Dalam rangka meningkatkan motivasi, ketrampilan dan produktivitas para dosen dan calon dosen, maka Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPPM) Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakarta mengadakan Workshop Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah pada tanggal 6-7 Oktober 2021 bertempat di Hotel Santika Yogyakarta. Acara ini dihadiri kurang lebih 50 (lima puluh) orang peserta yang terdiri dari dosen dan calon dosen serta tenaga kependidikan, dengan menghadirkan narasumber Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia Yogyakarta yaitu Prof. Jaka Sriyana, S.E., M.Si., Ph.D.

Dalam sambutan pembukaannya Ketua STPN–Dr. Ir. Senthot Sudirman, M.S.—menyampaikan apresiasi kepada PPPM STPN yang telah menyelenggarakan acara Workshop Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah ini untuk mendorong iklim menulis di STPN. Lebih lanjut Ketua STPN menyampaikan bahwa acara workshop ini penting untuk terus meningkatkan kemampuan dosen dan calon dosen dalam perannya di dunia pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Hasil riset harus bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan harus menjadi “core” dalam pembelajaran. Dalam praktiknya, pengetahuan, dan pengalaman seseorang bisa disampaikan melalui ceramah atau dalam bentuk tulisan ilmiah yang mengikuti tata aturan baku yang telah ditentukan. Riset juga bermanfaat bagi kepentingan pribadi para dosen dalam penyusunan LKD/BKD guna kenaikan pangkat dosen. Kenaikan pangkat dosen terikat dengan angka kredit yang salah satunya dihasilkan dari penelitian. Pada akhir sambutannya, Ketua STPN Yogyakarta berpesan bahwa acara ini harus ditindaklanjuti dengan karya nyata berupa tulisan yang dapat diekspos lebih luas dalam bentuk jurnal atau prosiding yang bisa dikontribusikan pada seminar internasional STPN Yogyakarta yang direncanakan pada bulan November 2021.

. Jaka Sriyana, S.E.,M.Si.,Ph.D dalam materinya menyampaikan judul tentang “Academic Writing for Scientific Article” yang memaparkan secara jelas 6 pembahasan yang meliputi motivasi untuk memublikasikan hasil penelitian, riset dan publikasi, proses publikasi, struktur manuskrip, etika publikasi, dan proses review. Di akhir paparan dibuka dengan tanya jawab oleh moderator–Dr. Deden Dani Saleh, S.Sos.,M.Si—yang disambut antusias oleh peserta workshop dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sangat variatif.

Pada hari kedua, untuk memperdalam pengetahuan dan ketrampilan menulis bagi para peserta dilanjutkan dengan pendampingan oleh tim pendamping/reviewer. Draf artikel atau jurnal yang dihasilkan oleh para dosen dan calon dosen STPN Yogyakarta diharapkan akan lebih sempurna sehingga layak untuk diajukan/di-submit di jurnal. Hal ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah publikasi dan citasi bagi STPN.

Leave a Reply