Workshop Uraian Tugas dan Mekanisme Kerja Unit-unit di lingkungan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional

Dalam rangka pembahasan Uraian Tugas dan Mekanisme Kerja Unit-unit di Lingkungan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN), STPN telah melaksanakan workshop pada tanggal 25 s.d. 26 Oktober 2021 bertempat di Hotel Forriz , Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua STPN, Dr. Ir. Senthot Sudirman, M.Si.,  Senat, para Kepala dan Pengelola Unit, serta Tenaga Kependidikan STPN.

Ketua STPN membuka acara dan memberikan sambutan bahwa pembuatan SOP (Standard Operational Procedure) menjadi penting ketika nanti STPN berubah menjadi Politeknik dan berstatus BLU (Badan Layanan Umum). STPN harus mencerminkan organisasi yang dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Kegiatan workshop pada hari pertama mengundang narasumber Dr. Drs. Ratminto, M.Pol. ADMIN, Direktur Sumber Daya Manusia Kantor Pusat UGM. Beliau menyampaikan mengenai Uraian Tugas dan Analisis Jabatan sebagai prasyarat untuk merumuskan Uraian Tugas.

 

Sekretaris Senat STPN, Haryo Budhiawan, S.H., M. Si. selaku moderator memandu unit-unit yang melakukan presentasi sebagai berikut:

1. Program Studi Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral;

2. Program Studi Diploma IV Pertanahan;

3. Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPPM);

4. Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Internal (P4MI);

5. Pusat Studi Agraria, Tata Ruang, dan Pertanahan;

6. Pusat Data dan Informasi & Pengembangan Perangkat Digital;

7. Pusat Pelatihan Bahasa;

8. UPA Laboratorium;

9. UPA Perpustakaan;

10. UPA Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama;

11. UPA  Publikasi dan Penerbitan;

12. UPA Pengembangan dan Inovasi Teknologi Survey dan Pemetaan Pertanahan Digital;

13. UPA Pengelolaan Asrama.

Para penyaji menyampaikan struktur organisasi, tugas dan fungsi (tusi), serta hambatan dan permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan tusi unit. Selanjutnya uraian tugas dan hambatan tadi menjadi bahan diskusi. Hasil diskusi dapat menjadi acuan dalam penyusunan SOP.

Ketua STPN memberikan kata penutup pada kegiatan workshop ini, “Jika menghasilkan produk sangat penting dalam rangka akreditasi. Ikuti acara-acara seperti ini dengan serius dan tindak lanjuti secara serius , dari uraian ini tugas bapak/ibu perlu terjemahkan ke standar operasional prosedur.”

Leave a Reply