Diskusi Intensif Problematika Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap dan Alternatif Solusinya

Yogyakarta, 26 Agustus 2022 – STPN mengadakan kegiatan diskusi intensif yang bertemakan “Problematika Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap dan Alternatif Solusinya”. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. Maria SW. Sumardjono, S.H., MPA., MCL., Ir. Virgo Eresta Jaya, M.Eng.Sc., serta Ir. Suyus Widayana, M.App.Sc. Kegiatan dibuka dengan sambutan Ketua STPN, Dr. Ir. Senthot Sudirman, M.S. yang menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memberikan sumbangsih pemikiran terhadap penyelesaian tugas akselerasi PTSL, sengketa tanah, mafia tanah, serta reforma agraria.

Prof. Dr. Maria SW. Sumardjono, SH., MPA., MCL. Dalam paparannya menyampaikan permasalahan dan hambatan dalam pendaftaran tanah di Jawa dan luar Jawa yang masih banyak terjadi namun tak tersampaikan. Target PTSL Tahun 2025 sebanyak 126 juta bidang sudah terdata. Namun masih terdapat faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pelaksanaan kegiatan PTSL antara lain dalam pengumpulan data yuridis, pengumpulan data fisik, serta masalah manajemen dan kelembagaan. Kegiatan selanjutnya difokuskan pada diskusi intensif terkait berbagai isu PTSL yang disampaikan dari beberapa kantor pertanahan di Jawa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Ir. Trias Aditya Kurniawan, ST., M.Sc., Ph.D. akademisi dari UGM, serta sejumlah undangan dari beberapa Kantor Pertanahan di Jawa.

Leave a Reply