Forum Group Discussion (FGD) “Evaluasi Pembelajaran Berbasis Outcome Based Education”

Yogyakarta- (07/09/2022) Sebagai bagian dari pelaksanaan evaluasi pembelajaran pendidikan di lingkungan STPN, Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Internal (P4MI) STPN melaksanakan FGD dengan mengangkat tema “Evaluasi Pembelajaran Berbasis Outcome Based Education”. Bertindak sebagai narasumber yaitu Ir. Leni Sophia Heliani, S.T., M.Sc., D.Sc. dari Bagian Penjaminan Mutu Pendidikan Sarjana Departemen Teknik Geodesi, Universitas Gadjah Mada (UGM). Kegiatan ini diselenggarakan dengan dua metode, yaitu secara daring bertempat di ruang Rapat PPPM STPN, dan juga secara luring melalui zoom meeting.

Pembukaan diisi sambutan oleh Ketua STPN, Ir. Senthot Sudirman, M.S., dimana beliau menyampaikan bahwa “dalam rangka memenuhi proses akreditasi, diharapkan hasil monitoring ini dapat memberikan feedback sepanjang perjalanan proses pendidikan dan proses evaluasi merupakan penilaian”. Ditambahkan pula oleh Kepala P4MI STPN Sukmo Pinuji, S.T., M.Sc.: “tuntutan dunia pendidikan saat ini bukan hanya output based tetapi juga outcome based, jadi tidak hanya nilai yang dikeluarkan tetapi bagaimana imu tersebut dalam kehidupan”.

 


Acara inti diisi oleh narasumber dengan berbagi pengalaman tentang bagaimana program studi Teknik Geodesi mempelopori pembangunan aplikasi Outcome Based Education (OBE), suatu sistem capaian pembelajaran yang menekankan pada apa yang dapat mahasiswa kerjakan/lakukan dengan baik diakhir pengalaman belajar dan dampak yang dihasilkan. Aplikasi ini merupakan salah satu syarat akreditasi, sehingga karena kesuksesan penggunaannya kemudian metode ini diadopsi untuk digunakan di seluruh departemen UGM.


Sesuai dengan tema yang diangkat, maka diharapkan melalui FGD ini, kegiatan pembelajaran di lingkungan STPN tidak hanya berorientasi pada nilai IPK yang tinggi saja, akan tetapi juga nilai outcome dari lulusan yang dihasilkan.

Leave a Reply