KOLOKIUM PROPOSAL PENELITIAN STRATEGIS STPN TAHUN 2018

            Jum’at 6 Maret 2018 Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPPM) STPN mengundang Tim Evaluasi Penelitian Strategis  Prof. Dr. Erwan Abdullah dan Dr. Sulastriyono  selaku akademisi dari UGM serta Tri Wibisono, S.T., M.T selaku Kepala Kantor Wilayah BPN DIY untuk mereview 14 proposal penelitian strategis PPPM.  Di tahun 2018 ini penelitian membahas isu-isu strategis Kementerian ATR/BPN: Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Pengadaan Tanah, Reforma Agraria (RA), Sengketa-konflik pertanahan, serta isu Land Banking dan peran neraca PGT terhadap RT/RW.

            Penelitian terkait PTSL  terdiri dari kajian teknis, yuridis dan sosio ekonomis PTSL, sinkronisasi peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang pendaftaran tanah, participatory mapping: relasi kuasa dan transmisi nilai-nilai pertanahan dan kajian tentang praktik PTSL tanah hak komunal druwe desa. Sementara untuk tema pengadaan tanah beberapa kajian yang akan diteliti meliputi: pengadaan tanah untuk pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), kajian peranan dokumen  perencanaan dalam menentukan keberhasilan pelaksaaan  pengadaan tanah, kajian urgensi kualitas dokumen persiapan sebagai dasar penetapan lokasi dalam menekan timbulnya permasalahan dan memperlancar proses  pengadaan tanah, dan problematika pengadaan tanah skala kecil. Dalam penelitian ini peneliti juga mengkaji tentang konflik pemberian hak atas tanah di atas hak pengelolaan. Sementara untuk sub tema lain membahas penataan penguasaan, penggunaan  dan pemanfaatan tanah pasca tambang, strategi percepatan penataan penguasaan tanah dalam kawasan hutan untuk reforma agraria, kajian pilihan kebijakan antara perhutanan sosial dan reforma agraria dalam rangka menyelesaikan penguasaan tanah di kawasan hutan. Penelitian ini juga mengkaji terkait pembentukan  bank tanah dan permasalahannya, Optimalisasi penggunaan  Neraca Penatagunaan Tanah  dalam Penyusunan RT/RW.

              Dr. Senthot Sudirman selaku Ketua STPN memiliki harapan besar agar hasil penelitian para dosen mampu memberikan output/outcome yang solutif dan mampu memberikan kontribusi nyata serta mampu menjawab persoalan/kendala yang dihadapi Kementerian ATR/BPN.  

Leave a Reply