Kunjungan dari SMA N 1 Kapongan Situbondo ke Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional

SMA N 1 Kapongan Situbondo telah melakukan kegiatan kunjungan ke Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional. Kegiatan ini dihadiri oleh Pembantu Ketua II, Kasubag AKK,  dan rombongan dari SMA N 1 Kapongan Situbondo. Sambutan pertama dari Kepala Sekolah SMA N 1 Kapongan Situbondo yaitu Ibu Dwi Retno Susanti, S.Pd, M. Mpd mengucapkan terima kasih atas penerimaan kunjungannya, selain itu mohon memberikan penjelasan terkait informasi terkait dengan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional ini, semoga kedepan siswa/siswi dari SMA N 1 Kapongan Situbondo ini ada yang di terima di Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional. Sambutan kedua dari Pembantu Ketua II menjelaskan secara singkat Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional memiliki dua Prodi yaitu Program Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral, Program Diploma IV Pertanahan. Selain itu beliau juga memberikan paparan prospek lulusan Program Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral setelah lulus dari Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional.

Kedepan para lulusan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional ini memiliki prospek antara lain:

  1. Kementerian ATR/BPN
  2. KJSKB
  3. Perusahaan Surveyor
  4. Pemerintah Daerah

Beberapa point pertanyaan muncul dari rombongan SMA N 1 Kapongan Situbondo, antara lain:

  • Apakah dengan adanya tes CAT itu ada korelasi dengan penerimaan tes PNS?
  • Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional tahun 2021 menuju ikatan?
  • Apa tugas Taruna terkait dengan Mata Kuliah terutama Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral ?

Dari beberapa point pertanyaan tersebut muncul juga beberapa jawabanyanya antara lain:

  • Tidak ada korelasi dari tes penerimaan taruna dengan CAT , CAT diadakan dalam penerimaan Taruna dengan tujuan untuk akuntabilitas Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional dan juga mempermudahkan para calon taruna untuk tes agar bisa dilaksanakan di BKN di Indonesia.
  • Tentang Program pengembangan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional 2021 menuju Ikatan Dinas mohon doanya agar segera terlaksana.
  • Terkait dengan tugas Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral mata kuliah yang terkait dengan Hukum Tanah, Pendaftaran Tanah . Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral ini 60% Praktik dan 40% Teori.

Leave a Reply