PELATIHAN PENYUSUNAN  DOKUMEN PERENCANAAN PENGADAAN TANAH (DPPT) TAHUN 2022 STPN-NLC-UGM-WORLD BANK

STPN bekerja sama dengan Indonesia Network Learning Centre for Environment and Social Sustainability (NLCs-ESS)- Universitas Gadjah Mada – World Bank mengadakan Pelatihan Penyusunan Dokumen Perencanaan Pengadaan Tanah (DPPT) Angkatan Pertama di Tahun 2022. Tujuan dari pelaksanaan pelatihan ini adalah untuk menyediakan landasan pembelajaran bagi para pemangku kepentingan dalam pengembangan proyek infrastruktur dan memperkuat keterampilan teknis mereka dalam mengelola sistem perlindungan lingkungan dan sosial, yang nantinya akan mendukung pengembangan infrastuktur berkelanjutan di Indonesia.

Pelatihan dilaksanakan secara daring pada periode waktu 17 sampai dengan 21 Mei 2022. Acara dibuka pada hari Senin, 16 Mei 2022 oleh Ketua STPN, Dr. Ir. Senthot Sudirman, M.S dan Kepala Pusat Studi Lingkungan Hidup Universitas Gadjah Mada, Dr. M. Pramono Hadi, M.Sc. Materi pelatihan dibagi menjadi 18 Modul, mencakup materi DPPT, Pengadaan Tanah, Penilaian Tanah, International Good Practise dalam Penguatan DPPT. Kegiatan ini didukung oleh 24 orang penyusun materi dari profesional maupun akademisi. Bertindak sebagai narasumber utama dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR BPN RI): Direktur Jenderal Pengadaan Tanah Ir.Embun Sari, M.Si., Tenaga Ahli Menteri ATR/ BPN RI, Arie Yuriwin, S.H., M.Si., dan Ketua STPN, Dr. Ir. Senthot Sudirman, M.S. Selain itu pemateri dari professional dan praktisi adalah Ir, Hamid Yusuf, M.M., MAPPI(Cert.) FRICS MAPPI dari Masyarakat Penilai Properti Indonesia dan Dr. Rimun Wibowo,penggiat Social Safeguards Forum Indonesia.

Peserta yang mengikuti pelatihan ada 29 orang yang berasal dari berbagai sektor, baik perseorangan, pemerintah, swasta (konsultan, Kantor Jasa Penilai Publik), dan staf World Bank. Selain penyampaian materi dan diskusi, dilakukan juga sesi praktek berupa kerja kelompok untuk penyusunan DPPT yang dipandu oleh pemateri.

Leave a Reply