0274-587239
stpn@stpn.ac.id
Top

Pidato Purnabakti Ketua STPN (2006-2012), Prof. Dr. Endriatmo Soetarto

Prof. Dr. Endriatmo Soetarto, pernah mengabdi sebagai Ketua Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) pada tahun 2006-2012, kini telah memasuki masa purnabakti. Penyambutan purnabakti sebagai guru besar diselenggarakan di Ballroom IPB International Convention Center, Botani Square, Sabtu (18/3/2023) dengan tema “Politik Kebijakan Agraria, Demokratisasi, Pengembangan Sumber Insani dan Ekonomi Rakyat Pedesaan Talkshow dan Diskusi Refleksi 70 Tahun Prof. Dr. Endriatmo Soetarto.”

Acara ini merupakan hasil kerjasama 4 (empat) lembaga yang pernah menjadi tempat Beliau berkiprah, yaitu: STPN; Pusat Studi Agraria IPB University; Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB University; dan Sajogyo Institute, Bogor.

Ir. Eko Budi Wahyono, M.Si.

                                  Ir. Eko Budi Wahyono, M.Si.

Ketua STPN yang diwakilkan oleh Ir. Eko Budi Wahyono, M.Si. menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Prof. Dr. Endriatmo Soetarto, “Beliau selama menjabat sebagai Ketua STPN telah meninggalkan legacy yang baik sehingga hasilnya dapat dinikmati sampai sekarang. Beberapa warisan beliau yang disampaikan dalam sambutan ini di antaranya adalah meningkatkan kualitas kelembagaan melalui akreditasi lembaga.”

 

                                           Prof. Dr. Endriatmo Soetarto

 

Prof. Dr. Endriatmo Soetarto dalam pidatonya menyampaikan pesan untuk para generasi pelanjut supaya dapat menuruskan warisan pemikiran dan praksis perjuangan agraria dan pedesaan. Beliau menyampaikan refleksi berjudul “Eksistensi Masyarakat Adat dalam Kancah Nasionalisme Indonesia.”

Pada acara ini juga dilakukan peluncuran buku terkait pemikiran kritis dan gagasan Prof. Dr. Endriatmo Soetarto serta kesan/pesan dari para kolega. Sebanyak 4 (empat) buku yang diluncurkan pada acara ini, yaitu (1) “Mewujudkan Demokratisasi Agraria: 70 Tahun Prof. Dr. Endriatmo Soetarto”, berisi artikel persembahan serta kenangan para kolega yang disunting oleh Mohamad Shohibuddin, Ari Wibowo, diterbitkan oleh Pusat Studi Agraria, IPB (2023); (2) “Kumpulan Abstrak Penelitian Prof. Dr. Drs. Endriatmo Soetarto” yang dihasilkan oleh Prof. Dr. Endriatmo Soetarto bersama para mahasiswa saat beliau membimbing penulisan skripsi, tesis atau disertasi. Buku diterbitkan oleh IPB Press (2023); (3) “Mengantarkan Literasi Agraria” merupakan kumpulan kata pengantar buku yang ditulis oleh Prof. Dr. Endriatmo Soetarto, disunting oleh Dwi Wulan Pujiriyani, Ahmad Hamdani dan Ahmad Nashih Luthfi dan diterbitkan oleh STPN Press dan Sajogyo Institute (2023); (4) “Pergulatan Intelektual Mewujudkan Tata Kelola Agraria yang Adil, Demokratis dan Mensejahterakan” berisi artikel persembahan serta kenangan para kolega yang disunting oleh Dwi Wulan Pujiriyani, Ahmad Hamdani dan Ahmad Nashih Luthfi dan diterbitkan oleh STPN Press dan Sajogyo Institute (2023).