0274-587239
stpn@stpn.ac.id
Top

Rakernas dan Reuni Akbar KAPTI Agraria Tahun 2023 

Selamat datang alumni di kampus Candradimuka insan Pertanahan Indonesia. Sambutan hangat dan senyum lebar menyambut kedatangan alumni dari seluruh wilayah Indonesia dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Reuni Akbar Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi (KAPTI) – Agraria 2023. Rindu dan kenangan tercurahkan menampik rasa dingin pagi setelah hujan malam yang mengguyur Kota Pelajar Yogyakarta. Salam, pelukan, dan senyuman menjadikan euforia yang tercipta dari seluruh peserta. 

Rakernas dan Reuni Akbar yang digagas oleh Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Agraria (KAPTI – Agraria) yang bertempat di Kampus STPN Yogyakarta diselenggarakan pada tanggal 24 dan 25 Februari 2023. 

Pada Jumat, 24 Februari 2023, seluruh peserta berkumpul di Pendopo Sasana Widya Bhumi STPN untuk menyaksikan kegiatan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara STPN dengan Pemerintah Daerah Jember, Pemerintah Daerah Dharmasraya, dan Pemerintah Daerah Pesawaran. Kegiatan dilanjutkan dengan peluncuran buku “Tindak Pidana Pelayanan Pertanahan dan Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Kepentingan Umum” karya Dr. Yagus Suyadi, S.H, M.Si dan bedah buku karya anggota KAPTI – Agraria oleh Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Raja Juli Antoni, Ph.D.

Dalam acara rakernas dan reuni akbar ini, para peserta dan tamu undangan dimanjakan dengan suguhan pasar UMKM yang menyajikan berbagai kuliner, tanaman, dan batik yang terdapat di sekitar lokasi.   Selain itu, terdapat beberapa expo yang digelar oleh Limun Tech, Cadastral Shop, STPN, Kantor Pertanahan Kabupaten Kulon Progo, Klaten, Badung, Luwu, Palopo, Wonosobo, Kota Jakarta Barat, Buku dan Artikel Ilmiah Alumni, serta Sinar Grafika dan Bumi Aksara. Malam harinya para peserta mengambil kesempatan untuk bercengkrama dan temu kangen dengan masing-masing angkatan yang menambah suasana malam menjadi lebih syahdu.

Kemeriahan acara rakernas dan reuni akbar berlanjut di keesokan harinya. Sabtu, 25 Februari 2023 bersama dengan taruna STPN, para peserta mengikuti Apel Akbar di lapangan STPN. Mengambil tema “Solid, Kreatif, dan Kolaboratif”, apel akbar dipimpin langsung oleh Raja Juli Antoni, Ph.D selaku Pembina Apel. Terik matahari yang menyengat tidak menyurutkan semangat peserta untuk mengikuti apel dengan khidmat. Dalam apel tersebut disampaikan pesan dari Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Marsekal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. kepada anggota KAPTI-Agraria untuk senantiasa berkontribusi lebih kepada bangsa negara Indonesia dalam bidang Pertanahan.

Derap langkah anggota marching band diiringi kebolehan mayoret STPN mengundang decak kagum dan rasa bangga para peserta apel akbar. Riuh tepuk tangan peserta bergemuruh seraya menyaksikan atraksi tiga penerjun payung dari TNI AU menyingkap silau matahari dengan membentangkan bendera merah putih, bendera Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional dan bendera KAPTI Agraria. Apel akbar  dilanjutkan dengan penampilan demo UKT Bela Diri STPN yang terdiri dari Karate, Taekwondo, dan Pencak Silat dan ditutup dengan penampilan Penampilan Flashmob dari peserta apel. 

Kegiatan pada hari kedua dilanjutkan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang bertempat di Aula STPN, dibuka oleh Tenri Abeng A. Ptnh, M.H., MM., selaku Ketua Umum KAPTI AGRARIA dan dihadiri oleh sekitar 20 pengurus daerah KAPTI AGRARIA. Disamping kegiatan Rakernas terdapat juga kegiatan Donor Darah.

 

Kegiatan puncak (Rakernas) dan Reuni Akbar Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi (KAPTI) – Agraria 2023 ditutup dengan acara ramah tamah dengan dimeriahkan oleh Katon Bagaskara bersama band Kalimanjaro Yogyakarta.