Rapat Merdeka Belajar  Kampus Merdeka di Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional telah melaksanakan kegiatan Rapat Merdeka Belajar  Kampus Merdeka di Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu 27 Mei 2020 bertempat di ruang Rapat PPPM Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional, Pejabat Fungsional Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional, Kaprodi Diploma IV Pertanahan, Kaprodi Diploma I Pengukuran, Pemetaan dan Kadastral. Pada kegiatan ini Perguruan tinggi bisa menerapkan kebijakan Kampus Merdeka dengan payung hukum yang telah diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud).

Ada lima Peraturan Mendikbud (Permendikbud) sebagai landasan penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yaitu Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Permendikbud No. 4 Tahun 2020 tentang Perubahan Perguruan Tinggi Negeri menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum, dan Permendikbud No. 5 tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi.

Kemudian, Permendikbud No.6 tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tingggi Negeri dan Permendikbud No. 7 tentang Pendirian, Perubahan , Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri dan Pendirian, Perubahan dan Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta. Nizam mengatakan ada empat kebijakan penting dalam Kampus Merdeka yaitu Pembukaan Program Studi Baru, Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi, Perguruan Tinggi Badan Hukum dan Hak Belajar Tiga Semester di Luar Program Studi yang setiap kebijakan dari 4 kebijakan baru Kemdikbud bidang Pendidikan Tinggi memiliki payung hukum masing-masing.

Pada kegiatan ini dihasilkan Rancangan untuk Diploma IV beberapa point sebagai berikut:

  • Semester 1-4 :  Kompetisi Wajib Pertanahan
  • Semester 5     :  Kompetensi Pilihan
  • Semester 6     :  KKNP –PTLP
  • Semester 7     :  Pemerintah Daerah, KJSKB, KJPP, PPAT,dll  + Pengumpulan Data
  • Semester 8     :  Tugas Akhir /Skripsi + Lain-lain

Leave a Reply