Upacara Hari Kebangkitan Nasional

Yogyakarta, 20 Mei 2022, Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 20 Mei diikuti oleh seluruh civitas akademika STPN:  dosen, pegawai, dan taruna/i.. Pelaksanaan upacara dipimpin oleh Ketua STPN, Dr. Ir. Senthot Sudirman, M.S. Pidato pembina upacara diisi dengan pembacaan naskah surat dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang beisi beberapa poin penting.

Pertama yaitu penyampaian Tema Hari Kebangkitan Nasional pada tahun ini,  yaitu “Ayo Bangkit Bersama” sebagai seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. Kedua mengenai semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa. Dimana Boedi Oetomo merupakan organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan. Ketiga mengenai sisi penanganan Covid-19 dapat dilihat upaya kita kian menunjukan hasil yang positif, ditunjukan dengan kasus baru harian dibawah 400 kasus dan total kasus aktif yang sudah berada dibawah angka 5000 kasus. Selain itu, capaian vaksinasi Covid-19 dosis kedua juga sudah mencapai 79 persen. Dari sisi produksi tiga lapangan usaha mengalami pertumbuhan tinggi yakni: (1). Sektor usaha transportasi dan pergudangan 15, 79%, (2). Sektor jasa-jasa lain 8,29%, (3). Sektor informasi dan komunikasi 7,14%.

 

Dan pembahasan terakhir adalah peran Indonesia sebagai presidensi G20 tahun 2022 dengan mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, dengan tujuan mendapat spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan. Pertemuan G20 yang dipimpin Indonesia tahun ini mengusung tiga isu prioritas yaitu Arsitektur Kesehatan Global yang Inklusif, Transformasi berbasis Digital, dan Transisi Energi Berkelanjutan. Tema dan Isu prioritas G20 yang diangkat Indonesia merupakan cerminan dari semangat kebangkitan yang kita rayakan pada hari ini. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat!!

Leave a Reply