Workshop Pemodelan 3D Untuk Kepentingan Pendaftaran Tanah Tiga Dimensi (3D Cadastre)

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) melalui Laboratorium Fotogrametri bekerja sama dengan Politeknik Pekerjaan Umum, PT. Asaba mengadakan kegiatan “Workshop Pemodelan Tiga Dimensi (3d) Untuk Kepentingan Pendaftaran Tanah Tiga Dimensi (3D Cadastre)” pada hari Rabu – Kamis, 6 Juli – 7 Juli 2022. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dan daring di STPN Yogyakarta.

Ketua STPN, Dr. Ir. Senthot Sudirman, M.S. menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kerja sama antara Kementerian ATR/BPN, UGM, Politeknik Pekerjaan Umum, dan PT. Asaba dalam hal meningkatkan kapasitas para taruna maupun para peserta kegiatan workshop ini. Hadir dalam kegiatan ini adalah perwakilan dari Dirjen Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, beberapa perwakilan dari Kanwil ATR/BPN dan kantor pertanahan, para dosen serta taruna STPN. Narasumber kegiatan ini yaitu Ir. Trias Aditya, S.T, M.Sc., Ph.D, Magaretha Elya Lim Putraningtyas, S.T., M.Eng, Agus Lukmanulhakim, S.T, Bhima Dhanardono, S.T., M.Eng, Gilang Rizky Ramadhan, S.T, Lilik Sugeng Riyadi, Naftalie Dinda Rianty, S.T, dan Aulia Latif, S. T., M.S.I.Sc.

Pada hari pertama, para narasumber memberikan presentasi terkait Interprorabilitas Data 3R Administrasi Perrtanahan 3D, Implementasi Data Tinggi GNSS CORS dalam Pengembangan Kadaster 3 Dimensi, Teknik Aqusisi dan Pengolaan Data 3D Terrestrial Laser Scanner, Peranan Teknologi Alat Survei 3D dalam Bidang Survei Pertanahan dan dilanjutkan dengan praktik lapangan pengambilan data lapangan yang didampingi oleh Instruktur dari PT. Asaba.

Hari kedua para peserta didampingi Instruktur dari PT. Asaba melanjutkan dari hasil pengambilan data yang diperoleh di lapangan kemudian diolah dari berupa titik-titik yang banyak menjadi bentuk 3D bangunan (aula STPN) yang menjadi sampel pengambilan data menggunakan Aplikasi Autodesk Revit.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian cinderamata dan foto bersama, diharapkan melalui kegiatan ini para peserta tidak hanya cukup mengenal kulit dari ilmu yang telah disampaikan akan tetapi lebih mendalami Pemodelan Tiga Dimensi (3D) Untuk Kegiatan Pendaftaran Tanah Tiga Dimensi (3D Cadastre).

Leave a Reply