Workshop Pengembangan Laboratorium STPN Menuju Laboratorium Virtual

Dalam rangka meningkatkan pengembangan laboratorium virtual dalam meningkatkan ketrampilan dalam praktik di laboratorium. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) telah melaksanakan kegiatan Workshop Pengembangan Laboratorium STPN menuju Laboratorium Virtual. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 10 November 2020, bertempat di Hotel Hyatt Regency, Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua STPN,Kepala UPA Laboratorium, Bapak/Ibu Pejabat Struktural STPN,  Bapak/Ibu Dosen STPN, PPNPN STPN.

Mengapa Menuju ke laboratorium Virtual?

  • Laboratorium digunakan untuk demontrasi sebelum praktikum yang sebenarnya berlangsung di laboratorium.
  • Laboratorium virtual adalah salah satu bentuk laboratorium dengan kegiatan pegamatan atau eksperimen dengan menggunakan sofware yang dijalankan oleh sebuah komputer.
  • Simulasi komputer memberikan kesempatan kepda siswa untuk belajar secara dinamis dan interaktif.
  • Laboratorium virtual bukanlah pengganti bagian dari Laboratorium rill yang  digunakan untuk melengkapi dan memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada.

Laboratorium virtual dapat mendukung kegiatan praktikum di laboratorium yang bersifat interaktif, dinamis, animatif, dan berlingkungan virtual terutama dibidang pengukuran sehingga tidak membosankan dan dapat mendukung keinginan pengguna. Dengan kegiatan ini diharapkan kedepan Laboratoium STPN bisa lebih baik.

Leave a Reply