Workshop Pengembangan Pembelajaran Cerdas Mengelola Perkuliahan Daring bagi Dosen Perguruan Tinggi

Kemajuan teknologi di Era Industri 4.0 dan di tengah pandemi Covid 19 yang melanda di seluruh dunia, membuat seluruh lapisan masyarakat untuk mengubah cara kehidupan dari yang manual beralih serta beradaptasi ke digital terutama di dunia pendidikan. Dalam rangka pengembangan Pembelajaran Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Menyelenggarakan kegiatan “Workshop Pengembangan Pembelajaran Cerdas Mengelola Perkuliahan Daring bagi Dosen Perguruan Tinggi”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 13 Oktober 2020 bertempat di Aula STPN.
 
Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua STPN, Bapak/Ibu Dosen STPN, Para Pegawai STPN, kegiatan ini mengundang Narasumber Ahli Pembelajaran Media UNY. Novi Trilisiana, S.Pd. M.Pd. Pada dasarnya dari pembelajaran daring memiliki kelebihan dan kekurangan, daring itu sekedar, bagaimana mengkomunikasikan konsep materi , konfirmasi dilakukan secara luring.
 
Empat Metode Pembelajaran Daring:
 
•Problem Based Learning Adalah metode pembelajaran yang didasari oleh sebuah permasalahan, mahasiswa dihadapkan oleh sebuah permasalahan yang relevan dan dikerahkan untuk memecahkan masalah tersebut.
•Discovery Learning Adalah metode pembelajaran yang mengkondisikan mahasiswa untuk menemukan pengetahuan dengan sendirinya.
•Inquiry Learning Adalah metode pembelajaran yang berbasis penelitian Kegiatan pembelajaran menggunakan metode penelitian ilmiah.yaitu mulai dari identifikasi masalah sampai menarik kesimpulan
•Project Based Learning Adalah metode pembelajaran yang mempergunakan proyek dan menghasilkan karya sebagai proses pembelajaran Mahasiswa dikerahkan kepada tahap tertinggi dalam pembelajaran,yaitu “mencipta”.

Leave a Reply