Workshop Pengembangan Pembelajaran “Problem Based Learning dan Project Based Learning” Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional

Yogyakarta – Selasa (06/09/2022) Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Internal Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (P4MI STPN) melaksanakan kegiatan Workshop Pengembangan Pembelajaran dengan tema “Problem Based Learning and Project Based Learning” dengan mengundang narasumber Dr. Risky Setiawan, M.Pd. selaku narasumber dari Universitas Negeri Yogyakarta. Bertempat di The Rich Jogja Hotel, kegiatan ini merupakan pengembangan kurikulum pembelajaran sebagai implementasi pedagogik dosen di lingkungan STPN.

Kegiatan ini dibuka oleh Rakhmat Riyadi, S.Si.,M.Si. selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik mewakili Ketua STPN kemudian dilanjutkan dengan pengantar oleh Sukmo Pinuji, S.T., M.Sc. “dengan Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learnig (PBL) akan sesuai jika diterapkan di perguruan tinggi vokasi. Bagaimana mengemas pembelajaran itu supaya dapat berbasis masalah dan berbasis projek dan bagaimana pembelajaran itu, apa yang dibutuhkan sesuai dengan problem dan projek yang dihadapi oleh para mahasiswa, ketika kita mengadaptasi hal tersebut.” selaku Kepala P4MI STPN.

Project Based Learning (PJBL) merupakan suatu pembelajaran yang dimulai dengan menggunakan suatu kegiatan sebagai suatu proses pembelajaran agar dapat tercapainya kompetisi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. Problem Based Learnig (PBL) merupakan suatu pembelajaran yang dimulai dengan menggunakan masalah nyata yang bersifat tidak terstuktur (ill-stuctured) dan bersifat terbuka (open-ended) sebagai suatu sarana untuk peserta didik dalam mengembangkan ketrampilan dalam menyelesaikan permasalahan atau investigasi dan berpikir kritis serta membangun pengetahuan baru. Ketrampilan yang dikembangkan dari PBL ini di antaranya mengembangkan kemandirian, berfikir kritis, ketrampilan sosial, dan problem solving.

Harapan dari rangkaian kegiatan workshop ini yaitu dapat mengembangkan pengetahuan terkait dengan pembelajaran PJBL dan PBL agar ke depan semakin inovatif, berkembang, dan berdampak positif pada dunia pendidikan terutama di lingkungan STPN.

 

Leave a Reply