0274-587239
stpn@stpn.ac.id
Top

Kuliah Umum oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional dengan tema “Pengelolaan Pertanahan dan Tata Ruang yang Partisipatif Menuju Indonesia Emas 2045”

Pada hari Kamis, 7/12/2023, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Marsekal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, melakukan kunjungan ke Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Yogyakarta sekaligus memberikan kuliah umum yang diikuti secara luring dan daring oleh seluruh taruna STPN, pejabat struktural dan pejabat fungsional STPN, serta jajaran Kementerian ATR BPN.

Dalam kesempatan ini, Ketua STPN, Dr. Ir.Senthot Sudirman,M.S menyampaikan perkembangan kampus yang begitu pesat, ditandai meningkatnya peserta didik yang dikirim dan difasilitasi oleh Pemda melalui pola kerja sama, maupun peserta didik umum, murni dari kalangan masyarakat.

“Pola ini menunjukkan adanya kecenderungan peningkatan dari tahun ke tahun, seiring kesadaran mereka tentang pentingnya SDM yang memiliki keahlian agraria pertanahan dan tata ruang berasal dari lulusan STPN untuk mengisi kebutuhan SDM”. Ketua STPN juga menyampaikan program pengembangan kampus serta upaya peningkatan kualitas STPN, secara periodik dilakukan updating kurikulum sesuai tuntutan perkembangan iptek. Selain itu, juga membangun jejaring dan kerja sama.

Selanjutnya, Menteri ATR/Kepala BPN menyampaikan materi kuliah umum yaitu Indonesia Emas 2045 dapat diwujudkan melalui 4 pilar pembangunan antara lain: pembangunan manusia dan penguasaan iptek, pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, pemerataan pembangunan, serta pemantapan ketahanan nasional dan tata Kelola pemerintahan. Selain itu, beliau juga menyampaikan tiga hal pokok yang harus menjadi acuan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 yang disampaikan Presiden Joko Widodo, yaitu: stabilitas bangsa harus terjaga, keberlanjutan dan kesinambungan dalam kepemimpinan, dan kualitas Sumber Daya Manusia. Dalam mewujudkan hal tersebut, maka kita harus berjuang menghadapi tantangan-tantangan dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Kementerian ATR/BPN telah menerapkan langkah-langkah strategis dalam pengelolaan pertanahan dan tata ruang.Pada akhir kuliah umum, beliau mengajak kita semua untuk menyongsong generasi emas dengan sepenuh hati untuk menuntut ilmu di STPN, dengan slogan Ingat! Sinergi dan kolaborasi adalah kunci .

 

 

#Kuliahumum
#kementerianatrbpn
#melayaniprofesionalterpercaya
#majudanmodern
#menujupelayanankelasdunia
#sekolahtinggipertanahannasional

UPA Hubungan Masyarakat dan Kerjasama
Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional